"Bersinergi Melalui Fisika Mengabdi" ASM 2024 - HMJ Fisika FMIPA UNM

Senin, 19 Agustus 2024

"Bersinergi Melalui Fisika Mengabdi" ASM 2024

 "Bersinergi Melalui Fisika Mengabdi" ASM 2024


HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2023-2024 kembali melaksanakan program kerja tahunan di Bidang Hubungan Masyarakat Aplikasi Studi Mahasiswa 2024 sebagai bentuk pengimplementasian tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh mahasiswa jurusan Fisika FMIPA UNM dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dimana Tema ASM pada tahun ini " Bersatu dan Bersinergi Melalui Fisika Mengabdi". Kegiatan ini bertempat di Desa Bontokassi Kecamatan Galesong Selatan, Kabupatn Takalar dan berlangsung selama 7 hari Minggu-Sabtu, (21-27/7/2024). 

Pelepasan panitia ASM 2024 dilaksanakan pada hari jumat 19 Juli 2024 di lantai 5, Ruangan 505 Science Square FMIPA UNM dan dihadiri oleh Ketua jurusan Dr. Abdul Haris, M.Si. dan pembina Dr. Husain, S.Si., M.Pd. HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2023-2024.

"Semoga dengan kegiatan ASM ini, mahasiswa Fisika dapat menjadi teladan yang baik di lokasi ASM, memberikan inovasi kepada masyarakat setempat, serta meningkatkan minat dan jumlah pendaftar di program studi Fisika," ujar Ketua Jurusan Fisika FMIPA UNM.

Ketua panitia Rifki Baktiar didampingi oleh Nurhikma Syam sebagai Sekretaris Panitia dan Raoda Tuljanna sebagai Bendahara Panitia serta 38 panitia lainnya berdasarkan SK pengangkatan kepanitiaan ASM 2024 yang dikeluarkan oleh kepengurusan HMJ Fisika UNM Periode 2023-2024. 

"Alhamdulillah, akhirnya kita tiba pada momen penting untuk terjun langsung ke tengah masyarakat. Ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa Fisika FMIPA UNM untuk menerapkan ilmu yang telah kita pelajari dengan memberikan kontribusi nyata. Setelah berdiskusi dengan Sekretaris Desa Bontokassi,  Alhamdulillah, masyarakat setempat dengan hangat menyambut itikad baik kita untuk menjalankan Aplikasi Studi Mahasiswa (ASM)," ungkap Ketua Panitia.

Kegiatan ASM 2024 resmi dimulai pada 22 Juli 2024, bertempat di Aula Desa Bontokassi, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar. Acara pembukaan dihadiri  oleh Bapak Sekretaris Panitia beserta masyarakat setempat, menandai awal dari serangkaian program ASM 2024.

"Kami, sebagai warga desa, merasa sangat senang dengan kedatangan adik-adik mahasiswa Fisika FMIPA UNM yang datang dengan niat mulia. Semoga kehadiran kalian membawa banyak manfaat dan inovasi baru bagi kami. Kami sangat mendukung program-program yang akan dilaksanakan dan siap berkolaborasi," ujar Sekretaris Desa Bontokassi dengan antusias.

Pada ASM 2024 kali ini, fokus utama adalah di bidang pendidikan, dengan berbagai kegiatan seperti Praktikum Fisika SMA di UPT SMA Negeri 13 Takalar, Pelatihan IT, dan Sekolah Alam. Tidak hanya itu, program-program yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat, seperti Kerja Bakti, Pentas Seni, dan Lomba Tradisional, juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini.

Andi Risal Rasul, Ketua Umum HMJ Fisika FMIPA Periode 2023-2024, berharap kegiatan pengabdian ini dapat memberikan dampak positif yang luas.

"Saya berharap, pengabdian ini bukan hanya menjadi sarana belajar bagi kita, tetapi juga bernilai ibadah dan menjadi bekal berharga dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dengan masyarakat," ujarnya dengan penuh harap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar